Resistor

       Fungsi Resistor pada umumnya yang kita ketahui hanya satu saja, padahal masih ada empat fungsi lainnya yang juga perlu kita ketahui dari kompenen ini. Banyak atau bahkan bisa dibilang semua rangkaian elektronika itu pasti memakai jenis komponen elektronik ini. Sungguh untung dibalik pentingnya keberadaan resistor didalam suatu rangkaian, ialah harganya yang paling murah diantara komponen lainnya. Seandainya kenyataannya terbalik, tentu akan menambah beban bagi kita untuk praktik di dunia elektronika.
       Fungsi resistor yang umumnya kita tahu itu adalah sebagai penghambat arus listrik yg melewati sebuah rangkaian. Sedikit mengenai macam-macam transistor. Bila dilihat berdasar nilainya, maka komponen ini bisa dibagi menjadi tiga jenis. Pertama adalah Fixed Resistor, yaitu resistor yang memiliki nilai hambatan tetap. Kedua adalah Variable Resistor, yaitu resistor yang mempunyai nilai hambatan yang bisa berubah-ubah. Ketiga adalah Resistor Non Linier, yaitu resistor yang disebabkan oleh pengaruh / faktor dari lingkungan seperti cahaya atau suhu, akan membuat nilai hambatannya menjadi tidak linier.

fungsi resistor

Fungsi resistor adalah untuk membagi arus. Kedua, resistor juga berfungsi untuk membatasi / mengatur arus. Ketiga, komponen ini dimanfaatkan sebagai alat untuk menurunkan tegangan. Terakhir ialah bisa juga digunakan untuk membagi tegangan. Itulah keempat kegunaan resistor disamping manfaat utama yang lebih sering kita ketahui.
Sedikit tambahan diluar fungsi resistor, mengenai pengertian resistor adalah komponen elektronic dua buah kutub yg dirancang sebagai penahan arus listrik dgn membuat tegangan listrik diantara kedua buah kutubnya itu. Nilai tegangan tersebut terhadap resistensinya, berbanding dgn arus yg mengalir yakni berdasar atas Hukum Ohm:

V = I R


I = V / R
Resistor ini dipakai sebagai bagian dr sirkuit elektronik dan jejaring elektronik, dan seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah komponen yg paling sering dipakai. Bahan pembuatan dari resistor bisa dari berbagai macam komponen dan film, atau bisa juga dari kawat resistensi yaitu kawat yg dibuat dr kumpulan resistivitas yang tinggi layaknya nikel-kromium.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular posts